Chrome - Background Fidelis Fidelia: Sedikit tentang Katolik

Kamis, 02 Februari 2012

Sedikit tentang Katolik


1.       Apakah setelah kelahiran Yesus , Maria tidak melahirkan lagi ?
Maria hanya mempunyai satu putra , yaitu Yesus Kristus . tetapi didalam Dia , keibuan spiritualnya melingkupi semua yang diselamatkannya .
Maka , Maria dikatakan selalu perawan . “ tetap seorang perawan dalam mengandung Putranya , tetap perawan saat melahirkan Yesus , tetap seorang perawan ketika merawatnya , tetap seorang perawan saat menyusui-Nya  , selalu tetap seorang perawan “ ( Santo Agustinus ) . karena itu , waktu Injil mengatakan “ Saudara – saudara Yesus “, itu yang dimaksudkan sebagai keluarga – keluarga dekat Yesus , sesuai dengan cara bicara kitab suci .


2.       Menerima Hosti itu dengan lidah , tangan kiri atau tangan kanan ?
Dalam menerima hosti tidak ada batasan gerak . yang terpenting menerima hosti kudus setiap kali mereka berpatisipasi dalam ekaristi kudus  dan Gereja mewajibkan mereka menerima hosti  minimal satu tahun sekali dalam perayaan paskah .
Syaratnya harus secara penuh tergabung dalam Gereja Katolik dan dalam keadaan Rahmat yaitu tanpa kesadaaran akan dosa yang mendatangkan maut .
Hal penting juga bagi mereka yang hendak menerima komuni kudus adalah suasana hening dan doa , sikap tubuh , tata gerak pakaian yang pantas dihadapan Kristus .


3.       Hukum kanonik adalah ?
Hukum kanonik adalah hukum yang sangat diperlukan untuk rambu – rambu kehidupan bersama dalam menggereja . dipihak lain , perlu dihindari sikap legalistis , supaya Gereja secara subur tumbuh dalam rahmat Tuhan .


4.       Pernikahan atau perceraian : bagaimana prosedurnya ? cerai aja kok susah ? kan membuat zinah ..
Maksud Gereja adalah Gereja benar – benar menunjukan keprihatinan yang dalam terhadap orang – orang itu , dan menganjurkan mereka hidup dalam iman , doa , beramal , dan membiarkan pendidikan kristiani bagi anak – anak mereka .
“ perkawinan ratum dan disempurnakan dengan persetubuhan “ antara orang – orang dibabtis katolik “ tidak dapat diputuskan oleh kekuasaan manusia manapun juga dan atas alasan apapun , selain oleh kematian “ (CIC , can. 1141 )
Perceraian adalah tidak susila juga dengan alasan bahwa ia membawa kekacauan didalam keluarga dan didalam masyarakat . kekacauan ini membawa akibat – akibat buruk : untuk pihak yang ditinggalkan ; anak – anak , yang oleh perceraian orang tuanya mengalami kejutan dan ditarik kesana kemari antara mereka berdua ; masyarakat , yang untuknya ia menjadi suatu luka yang dalam , karna kebiasaan ini cenderung menular “ menurut katekismus Gereja Katolik hal. 574 – 575


5.       Katolik tidak bias gender . tapi yang menjadi  Romo laki – laki ?
Tertulis dalam kitab suci ( Mat 2 : 23 ) bahwa Yesus adalah laki – laki .
Yesus sebagai sumber ekaristi kudus , maka Imam ( laki – laki ) sebagai simbol Yesus


6.Sakramen ada 7.dasar?mengapa?
Dasar Biblis:
Ketujuh sakramen (Pembaptisan, Penguatan, Ekaristi, Pengakuan Dosa, Tahbisan, Perkawinan, dan Urapan orang sakit) merupakan tanda yang menyampaikan rahmat dan kasih Tuhan secara nyata. Hal ini merupakan pemenuhan janji Kristus yang tidak akan pernah meninggalkan kita sebagai yatim piatu (Yoh 14:18). Melalui sakramen tersebut, Allah mengirimkan Roh Kudus-Nya untuk menyembuhkan, memberi makan dan menguatkan kita.

Keberadaan sakramen sebenarnya telah diperkenalkan sejak zaman Perjanjian Lama, tetapi pada saat itu hanya merupakan simbol saja -seperti sunat dan perjamuan Paskah (pembebasan Israel dari Mesir)- dan bukan sebagai tanda yang menyampaikan rahmat Tuhan. Kemudian Kristus datang, bukan untuk menghapuskan Perjanjian Lama melainkan untuk menggenapinya. Maka Kristus tidak menghapuskan simbol-simbol itu tetapi menyempurnakannya, dengan menjadikan simbol sebagai tanda ilahi. Sunat disempurnakan menjadi Pembaptisan, dan perjamuan Paskah menjadi Ekaristi. Dengan demikian, sakramen bukan hanya sekedar simbol semata, tapi menjadi tanda yang sungguh menyampaikan rahmat Tuhan.
Dasar Yuridis :
Sakramen-sakramen Perjanjian Baru, yang diadakan oleh Kristus Tuhan dan dipercayakan kepada Gereja, sebagai tindakan-tindakan Kristus dan Gereja, merupakan tanda dan sarana yang mengungkapkan dan menguatkan iman, mempersembahkan penghormatan kepada Allah serta menghasilkan pengudusan manusia. Dan karena itu sangat membantu untuk menciptakan, memperkokoh dan menampakkan persekutuan gerejawi. Oleh karena itu baik para pelayan suci maupun umat beriman kristiani lain haruslah merayakannya dengan sangat khidmat dan cermat sebagaimana mestinya.
Secara harafiah:
Kata 'sakramen' berasal dari Bahasa Latin sacramentum yang secara harfiah berarti "menjadikan suci". Salah satu contoh penggunaan kata sacramentum adalah sebagai sebutan untuk sumpah bakti yang diikrarkan para prajurit Romawi; istilah ini kemudian digunakan oleh Gereja dalam pengertian harfiahnya dan bukan dalam pengertian sumpah tadi.[1]
Menurut Gereja katholik :
Gereja-Gereja Katolik, Ortodoks Timur, Ortodoks Oriental, Assyria, Anglikan, Methodis, dan Lutheran yakin bahwa sakramen-sakramen bukan sekedar simbol-simbol belaka, melainkan "tanda-tanda atau simbol-simbol yang mengeluarkan apa yang dilambangkannya", jadi, sakramen-sakramen, di dalamnya dan dari padanya, yang dilayankan dengan benar, digunakan Allah sebagai sarana untuk mengkomunikasikan rahmat bagi umat beriman yang menerimanya. 
7.Dasar ditetapkan jam doa angelus:
[1] Paus Pius V dalam tahun 1571 memperbaharui dan melengkapi bentuknya seperti yang kita kenal sekarang ini.
Pada waktu itu, Doa Angelus diucapkan pada dini hari untuk menghormati kebangkitan Yesus, pada siang hari untuk menghormati sengsara Yesus dan pada senja hari untuk menghormati peristiwa Inkarnasi.

8.Dasar romo tidak menikah :
1.       Dasar Biblis : Matius 19:12
“ada orang yang tidak dapat kawin karena ia memang lahir demikian dari rahim ibunya, dan ada orang yang dijadikan demikian oleh orang lain, dan ada orang yang membuat dirinya demikian karena kemauannya sendirioleh karena Kerajaan Surga”
Hukum selibat adalah lebih pada hukum gereja bukan hukum Ilahi. Gereja memandang baik karena ini demi kerajaan Allah.

2.       Dasar pastoral : supaya romo bias melayani secara total, Jika romo menikah maka akan
a.       Romo sering berpindah tugas,jika berkeluarga repot
b.      Jika ada permintaan minyak suci malam hari tapi pada saat itu juga ada anggota keluarga yang sakit ,akan bingung membuat keputusan
c.       Akan ada suatu dilemma antara memilih keluarga atau umat
3.       Meneladan Yesus yang juga tidak menikah
4.       Hukum selibat adalah lebih pada hukum gereja bukan hukum Ilahi

9.Untuk apa doa?jika ada masalah kita berdoa pada Tuhan,tapi ujung-ujungnya diselesaikan sendiri?

Kembali kepada pengertian apa itu doa. Doa yaitu berkomunikasi kepada Tuhan, dan Tuhan memberikan pencerahan.

10.Apakah benar yang disalib itu Yesus?

BENAR.
seorang di sebelah kanan dan seorang di sebelah kiriNya”
 


11.       Kenapa masuk katolik dan apa ajarannya?
Alasan masuk  katolik
a.       Ikut orang tua
b.      Ikut pendamping hidup
c.       Keinginan sendiri
d.      Pengaruh lingkungan
Ajaran katolik cinta kasih.dan sepuluh perintah Allah.
Doa aku percaya dan di ungkapkan dengan liturgi. Inti ajaran ada 2 Kasihilah Tuhan Allah mu dan sesamamu. Diwujidkan dalam tindakan konkret.
12.       Apa benar  foto atau gambar Yesus seperti itu? Siapa yang memotret?
Pastinya tidak ada yang memotret karena zaman itu tidak ada kamera, tetapi mungkin ada orang yang berbakat melukis. Sehingga melukis wajah Yesus yang saat itu terkenal . tidak dapat dipastikan, tetapi dari berbagai kemiripan di dapatlah gambar seperti sekarang
13.       Makanan atau pantangan haram bagi orang katolik?
“Jangan makan babi. Binatang itu haram, kerana walaupun berkuku belah tetapi binatang itu tidak memamah biak. Jangan makan binatang seperti itu, dan jangan sentuh bangkainya.” (Imamat 11:7-8),
Yesus menggenapi, soal haram dan tidak bukan dari makanan, menurut
(Matius 15:11)Dengar dan camkanlah: bukan yang masuk ke dalam mulut yang menajiskan orang, melainkan yang keluar dari mulut, itulah yang menajiskan orang.
Makanan apapun jika hatinya jahat akan menjadi haram.
14.       Mengapa orang katolik bawanya ps,mb,dll  dan bukan kitab suci?
Karena bacaan sudah tersedia dan ps,mb dll itu untuk membantu mereka dalam memuji Tuhan lewat nyanyian,
Rm. John Noone
Sebagian besar orang non-Katolik tidak paham bahwa Gereja Katolik menyelenggarakan pelayanan liturgi setiap hari sepanjang tahun.  Mereka juga tidak paham bahwa Gereja Katolik mempunyai kalender liturgi yang menentukan bacaan-bacaan mana dari Kitab Suci yang harus diwartakan setiap hari sepanjang tahun. Bacaan-bacaan hari Minggu dibagi dalam tiga Lingkaran Tahun Gereja (Tahun A, Tahun B dan Tahun C). Setiap lingkaran tahunan dipusatkan pada salah satu dari ketiga Injil sinoptik (Tahun A : Matius, Tahun B : Markus atau Tahun C : Lukas).
 Gereja-gereja Katolik menyediakan Lembaran Misa yang berisi bacaan-bacaan dari Kitab Suci yang akan diwartakan pada hari itu.
15.       Kenapa romo/suster tidak boleh menikah dan pendeta boleh?
Agar ia berkonsentrasi pada tugas sebagai pewarta injil.dari paulus



Tuhan sangat mencintai orang-orang yg hidupnya kudus, jadi baiklah kamu menguduskan hidupmu dengan tidak menikah, tapi kalau kamu tidak dapat menguasai dirimu, baiklah kamu menikah...

Tapi Pastor/suster tidak menikah krn itu konsekuensi dr profesi mereka..

krn mereka adl PELAYAN ALLAH, Pelayan Jemaat Allah, gembala, dll dimana tugas mereka adalah Melayani kepentingan ibadah banyak orang.


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar